Kamis, 17 November 2011


Elastisitas Terhadap Barang Elektronik

Pada masa ini manusia sudah tidak akan terlepas dengan yang namanya barang elektronik. Dari barang elektronik tersebut di ciptakan hingga pada saat barang tersebut telah berkembang lebih maju dan canggih. Barang elektronik banyak fungsinya , baik yang kegunaannya dapat membantu pekerjaan manusia hingga untuk alat bersenang-senang bagi manusia. Kali ini saya akan menjelaskan Elastisitas terhadap barang elektronik.

Barang elektronik termasuk barang elastis karena memiliki pengganti. Jika barang-barang elektronik itu mahal maka tidak ada yang membeli, tetapi jika barang-barang tersebut mengalami penurunan, maka barang tersebut akan banyak dibeli. Jadi, permintaan terhadap barang tersebut dikatakan elastis di mana besarnya jumlah barang yang diminta sangat dipengaruhi oleh besar-kecilnya harga.

v  Contoh Kasus         :

Kita sebagai kaum terpelajar pasti tidak akan lepas dengan barang elektronik, seperti Handphone, TV, Radio, Laptop, dan barang elektronik lainnya. Tanpa barang elektronik manusia akan sulit untuk menyelesaikan pekerjaannya. Misalnya saja di pabrik-pabrik, di pabrik hampir semua peralatannya adalah Barang-barang dan Alat-alat Elektronik.

Karena saya adalah mahasiswa dari jurusan Teknik Elektro, saya ambil contoh barang elektronik yang bersangkutan dengan jurusan saya, yaitu PLC (Program Logic Controll). PLC adalah komputer digital yang digunakan untuk otomatisasi dari elektromekanis proses, seperti kontrol mesin pada pabrik lini perakitan , wahana hiburan , atau lampu . PLC digunakan di banyak industri dan mesin. Tidak seperti komputer untuk keperluan umum, PLC dirancang untuk beberapa masukan dan pengaturan output, suhu berkisar diperpanjang, kekebalan terhadap gangguan listrik, dan ketahanan terhadap getaran dan dampak. Karena fungsinya yang sangat penting, PLC banyak diminati oleh perusahaan” besar Elektronika untuk membantu proses kerja.

Saya sebagai mahasiswa juga menggunakan PLC untuk Praktikum. PLC untuk Engginer-engginer muda seperti saya merupakan barang elektonik yang sangat penting. Jadi permintaan terhadap kebutuhan PLC relatif cukup banyak. Tetapi pasti ada kendalanya, yaitu harga PLC yang cukup mahal.

Maka PLC dikatakan elastis karena besarnya jumlah barang yang diminta dipengaruhi oleh besar kecilnya suatu harga. Jadi jenis Elastisitas yang cocok untuk menggambarkan masalah ini adalah In Elastis, artinya perubahan harga diikuti jumlah permintaan dalam jumlah yang lebih besar. Karena jika harga PLC murah, maka permintaan terhadap barang tersebut akan jauh meningkat. Sedangkan jika harga PLC tersebut mahal maka permintaan terhadap PLC akan menurun.





Grafik yang menggambarkan elastisitas terhadap PLC adalah yang pertama E<1, dimana harga mempengaruhi permintaan barang.

Demikian contoh kasus mengenai elastisitas barang elektronik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar